Melakukan promosi secara online masih dipandang sebagai hal yang lebih meringankan dari pada dilakukan melalui surat kabar, majalah ataupun selebaran. Mengapa demikian? Tak lain dan tak bukan lantaran pengguna internet makin hari makin besar jumlahnya. Di Indonesia sendiri pengguna internet mencapai kisaran angka hinga 45 juta orang. Sungguh angka yang fantastis bukan? Karena jumlahnya yang lumayan besar itu maka sekarang banyak orang beralih menggunakan jasa periklanan melalui internet yang dinilai lebih efektif.
Berbagai sarana beriklan diberikan di internet, dari yang gratis hingga iklan berbayar. Namun begitu perlu dicermati secara bijak, pilihan mana yang sesuai bagi anda, dan jika anda sangat serius menjalankan bisnis online pilihan anda, baiknya dalam setiap beriklan baik berbayar maupun gratis dilakukan evaluasi, sejauh mana keberhasilan iklan anda dalam menjaring costumer seperti yang anda inginkan. Berikut ini beberapa pandangan dari berbagai sumber tentang cara yang benar dan kurang tepat dalam beriklan secara online.
CARA PROMOSI YANG TIDAK EFEKTIF
Beriklan dengan menggunakan banner adalah merupakan salah satu cara menarik minat costumer. Tampilannya yang menarik dengan aneka gambar banner yang menarik dari segi disain dan warna umumnya mudah untuk diminati pengunjug internet. Namun kenyataan di lapangan membuktikan bahwa rasio keberhasilan pada sebuah banner adalah 1:70 (artinya bahwa banner hanya di klik satu kali melalui 70 kali penampilan tayangnya). Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan jasa Banner Exhange gratis di internet. Jangan membayar penampilan banner anda di situs lain, karena biaya tidak akan sebanding dengan jumlah klik atau hits yang dihasilkan darinya. Selain itu kelemahan dari banner iklan adalah memperlambat loading suatu situs. Banner Exchange lebih baik diletakkan di bagian bawah sebuah situs karena rata-rata pengunjung situs tidak suka melihat banner yang memperlambat loading situs yang dikunjunginya.
Spam atau mengirimkan email ke banyak alamat email yang sama sekali tidak meminta akan sangat menjadi sarana beriklan yang tidak efektif. Tidak peduli berapa banyak email yang berhasil dikirimkan, namun Spamming merupakan cara yang paling dibenci oleh pengguna internet. Selain itu pengirim email spam akan mendapat banyak masalah dikemudian hari seperti emailnya akan di "black list" atau di block. Maka kredibilitas anda akan hancur lantaran dikenal sebagai seorang spammer. Tentu hal tersebut bukan lah hal yang diinginkan bukan?
Memasang iklan promosi di iklan baris adalah hal yang paling tidak efektif. Mengapa demikian? Sebab para mengunjung iklan baris umumnya adalah orang yang juga akan menggunakan jasa layanan iklan baris tersebut , bukan orang yang akan mencari produk ato sesuatu. Selain itu hanya dalam hitungan menit saja iklan anda akan bergeser pada posisi terbawah dan bahkan sejam kemudian mungkin sudah tidak kelihatan lagi. Anda disarankan untuk memasang iklan dengan durasi yang pendek saja, misalnya rentang seminggu. Hal ini akan membuat anda dapat memasang iklan yang sama di minggu selanjutnya.
CARA BERIKLAN YANG EFEKTIF
- Memanfaatkan Search Engine atau Mesin Pencari Informasi
Mendaftarkan web kedalam situs pencari adalah cara yang efektif, dan merupakan cara paling awal yang wajib anda lakukan. Hampir semua pengguna internet menggunakan jasa situs pencari (read : Search Engine) untuk mencari apa saja yang mereka butuhkan di internet. Search Engine mampu mendatangkan lebih dari 60% dari pengunjung situs anda apalagi jika situs anda memiliki peringkat 10 dari hasil pencarian kata kunci (read : keywords) yang diinginkan. Search Engine terpopuler saat ini adalah Google.com dan Yahoo.com. Yang penting anda lakukan adalah dengan mendaftarkan situs anda ke dalam : www.yahoo.com, www.altavista.com, www.infoseek.com dsb. Sedangkan Search Engine lokal adalah : www.naver.co.id , www.searchindonesia.com, www.indocenter.co.id , www. cathca.co.id
- Manfaatkan E-mail Marketing
Promosi lewat email bisa dimanfaatkan secara optimal juga. Melakukan promosi via sarana e-mail umumnya dilakukan melalui mailing list (milist) ataupun safelist. Menggunakan milist ataupun safelist adalah sekelompok
email address dari orang-orang yang bergabung dan setuju untuk menerima email dari anggota lain dan mengirim email ke anggota lain. Setiap member Mailing list atau safelist memiliki dan membutuhkan sebuah produk dan jasa atau informasi. E-mail marketing merupakan jenis Direct marketing yang paling murah, efektif dan efisien.
- Manfaatkan Viral Marketing
Viral marketing adalah konsep marketing yang meniru kerja virus komputer yang bisa bekerja sendiri, menyebar dengan cepat dan secara otomatis menginfeksi jutaan komputer di seluruh dunia. Itulah sebabnya viral marketing juga dinamai dengan traffic virus. Bedanya jika virus komputer sangat merugikan bagi pihak yang terkena tapi viral marketing justru menguntungkan. Konsep dasar Viral Marketing adalah mengijinkan orang lain untuk menggunakan produk Anda secara gratis, produk anda ini bisa berupa ebook, artikel, sofware komputer, software game, ecard, dan lain -lain, selanjutnya pengguna produk anda tersebut diperbolehkan atau diminta untuk memberikannya ke orang lain dan seterusnya secara berantai, tujuannya untuk menyebarkan pemasaran anda lebih cepat melalui internet.
Ide viral marketing adalah dengan mengikutsertakan iklan anda pada produk gratisan anda yang bisa dimiliki atau dipakai orang lain yang secara otomatis disebarluaskan ke orang lain." Contoh Viral marketing adalah e-Books, web hosting gratis, tell a friends scripts, affiliate program atau downline, software komputer dan game, dan artikel.
Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga dapat dipraktekan dan mendukung kinerja bisnis anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar